Adab Syarat Doa Agar Terkabul

Syarat-syarat adab cara agar doa terkabul dan cepat dikabulkan Allah perlu untuk diketahui dan dipahami sehingga doa-doa permohonan permintaan kita kepada Allah bisa diijabah dikabulkan Allah Ta'ala.

Berdoa dalam Islam adalah merupakan cara dan jalan kita sebagai makhluk hambaNya yang lemah meminta memohon kepada Penguasa Alam Semesta Allah SWT.

Dan hal ini juga merupakan bagian dari manfaat tujuan berdoa berdzikir kepada Allah karena memang hal tersebut sangat besar faedah dan keuntungan yang akan didapat seorang muslim.

Hal ini karena dalam agama Islam dikatakan dalam sebuah hadist yang artinya :"Doa itu adalah otak ibadah". (HR. Bukhari).

Adab Syarat Doa Agar Terkabul

Doa adalah senjata dan perisai bagi kaum mukminin. Bentengnya adalah doa dan senjatanya adalah tangisan. Dalam ajaran Islam doa menempati posisi sangat penting. Tidak hanya digunakan untuk meminta kebutuhan hidup semata, melainkan sebagai sarana berinteraksi dengan Allah dan juga sarana beribadah.

Di antaranya arti definisi pengertian makna doa adalah membaca, berdoa, meminta kepada Allah Ta'ala, memanggil, mengajak kepada sesuatu atau kepada seseorang, memohon pertolongan dan bantuan, beribadah dan lain sebagainya.

Dzikir menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah ialah segala macam bentuk mengingat kepada Allah SWT baik dengan membaca tahlil, tasbih, tahmid, taqdis, takbir, tasmiyah, hasbalah, qira'atul Qur'an maupun membaca seputar Doa-Doa yang ma'tsur dari Rasulullah SAW.

Syarat Adab Berdoa


Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah, karena dalam doa terkandung sebuah pengakuan dari seorang hamba yang lemah, makhluk yang tak berdaya dihadapan Yang Maha Kuasa Allah SWT.

Setiap doa akan dikabulkan oleh Allah, namun agar cepat dikabulkan sebaiknya yang berdoa juga harus memperhatikan adab atau tata krama tata cara dalam berdoa agar segera diijabah dikabulkan Allah Ta'ala.

Agama Islam telah mengajarkan kepada kita semuanya untuk berdoa kepada Allah Ta'ala.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya :
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran." (QS. Al-Baqarah : 186)
Diantara syarat kriteria doa yang terkabul antara lain adalah :
  1. Ikhlas Dalam Berdoa.
  2. Mengikuti sunnah Nabi Rasulullah Muhammad SAW dalam berdoa.
  3. Yakin dan percaya bahwa doa yang kita panjatkan akan diterima.
  4. Menghadirkan hati sewaktu berdoa dan khusyu’, mengharapkan ganjaran pahala dari Allah dan takut kepada adzab-Nya.
  5. Adanya keinginan yang kuat, dan kesungguhan dalam berdoa.
Sedangkan cara adab berdoa kepada Allah yang perlu kita perhatikan ketika memohon permintaan kepada Allah agar dikabulkan doa-doa kita antara lain :

Makan Dari Makanan Yang Halal Dan Memakai Pakaian Yang Halal

Agar doa kita dikabulkan oleh Allah maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah bahwa makanan yang kita konsumsi setiap harinya adalah halal. Demikian pula dengan penggunaan pakaian dan yang lainnya pula harus dibeli dari uang rejeki yang halal bukan sebaliknya.

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam menyebutkan, "Seorang lelaki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat tangan ke langit tinggi-tinggi dan berdoa, 'Ya Rabbi, ya Rabbi' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimanakah doanya bisa terkabulkan?" (HR. Muslim).

Untuk itulah kita yang selalu berharap doa-doa kita selalu didengar dan diijabah serta dikabulkan oleh Allah maka syarat agar doa dikabulkan antara lain adalah dengan menjaga diri dari makanan, minuman, pakaian haram serta menjauhi perbuatan yang tidak disukai Allah.

Tidak Berdoa Untuk Sesuatu Yang Dosa Dan Memutus Silaturahim

Dalilnya adalah sebuah hadist yang berbunyi : "Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal :
  • Allah akan segera mengabulkan doanya.
  • Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan
  • Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”
Para sahabat lantas mengatakan, "Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, "Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian." (HR. Ahmad).

Berdoa Menghadap Kiblat Dan Mengangkat Tangan Ketika Berdoa

Hendaklah menghadap kiblat tatkala berdoa dan mengangkat tangan hingga terlihat warna putih kedua ketiaknya. Hal ini berdasarkan pada hadist yang diriwayatkan dari Anas bahwa Nabi saw mengangkat kedua tangannya sehingga terlihat warna putih kedua ketiaknya saat berdoa dan tidak memberikan isyarat dengan jari jemarinya.”

Hal ini sama artinya dengan berdoa dengan mengangkat dan menadahkan kedua tangan ke langit.

Hendaknya Berdoa Dengan Hati Khusyu’ Dan Yakin Doanya Pasti Akan Dikabulkan

Allah Ta’ala berfirman yang artinya : "Berdoalah kepada Rabb-mu dengan tadharru (berendah diri) dan suara yang lembut" (QS Al-A’raf : 55).

Dari Abdullah bin 'Amr, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Hati itu laksana wadah dan sebagian wadah ada yang lebih besar dari yang lainnya. Apabila kalian memohon kepada Allah maka mohonlah kepada-Nya sedangkan kamu merasa yakin akan dikabulkan, karena sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR Ahmad).

Seandainya ada yang mengatakan, sebagian ada doa yang terkabul dan sebagian yang tidak maka bagaimana kita bisa yakin? Jawabannya, bahwa orang yang berdoa pasti akan dikabulkan dan permintaannya pasti akan diberikan kecuali bila dalam catatan azali Allah doa tersebut tidak dikabulkan.

Akan tetapi, mungkin dia akan dihindarkan dari musibah semisalnya, diganti pahala, atau ditinggakan derajat di akhirat.

0 Response to "Adab Syarat Doa Agar Terkabul"

Poskan Komentar