Hikmah Keutamaan Dan Cara Bersyukur Kepada Allah

Cara mensyukuri nikmat Allah dan keutamaan manfaat hikmah bersyukur kepada Allah perlu untuk diketahui dan dipahami oleh kita selaku Umat Islam. Karena memang hikmah syukur sabar dan berterima kasih kepada Allah dan juga sesama manusia tidak sedikit jumlahnya.

Hakikat pengertian syukur adalah menampakkan nikmat dengan menggunakannya pada tempat dan sesuai dengan kehendak pemberinya. Sedangkan kufur nikmat adalah menyembunyikan dan melupakan nikmat pemberian Allah.

Arti syukur dalam harfiah bahasa adalah merupakan pujian bagi orang yang memberikan kebaikan, atas kebaikannya tersebut (Al Jauhari). Sedangkan pengertian bersyukur dalam agama adalah bahwasannya rasa syukur itu adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya.

Hikmah Keutamaan Dan Cara Bersyukur Kepada Allah

Betapa banyak nikmat yang Allah karuniakan kepada kita. Diantara banyaknya nikmat Allah kepada manusia antara lain adalah nikmat Islam, nikmat kesehatan, nikmat kesempatan waktu luang, nikmat harta, nikmat tempat tinggal, nikmat memandang, nikmat mendengar, nikmat dapat berbicara dan masih banyak yang lainnya sampai tidak terhitung jumlahnya.

Dan ini adalah bentuk jenis macam kenikmatan Yang Allah berikan kepada manusia.

Saking banyaknya nikmat yang Allah karuniakan kepada kita tersebut sampai-sampai kita tidak dapat menghitung berapa jumlahnya. Allah menegaskan dalam Al-Qur'an yang artinya :
"Kami telah memberikan kepadamu setiap apa yang kalian memintanya. Dan jika kalian menghitung-hitung nikmat Allah niscaya kalian tak akan mampu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu sangat berlaku zhalim dan mengingkari (nikmat)." (QS. Ibrahim : 34)

Tanda Ciri Orang Yang Bersyukur


Nikmat yang dianugerahkan Allah kepada manusia, merupakan pemberian yang terus menerus, dengan berbagai macam bentuk lahir dan batin. Hanya manusia sajalah yang kurang pandai memelihara nikmat, sehingga ia merasa seolah-olah belum diberikan sesuatupun oleh Allah.

Disebabkan ia tidak bersyukur kepada Allah dan tidak merasakan bahwa Allah telah memberi kepadanya sangat banyak dari permintaannya.

Realisasi rasa syukur kepada Allah tersebut, bukanlah suatu perbuatan yang sia-sia, tapi dengan demikian akan mempertebal keimanan dan ketakwaan kita kepada Sang Maha Pencipta, dan yang terpenting kita akan terhindar dari murka dan siksaan Allah.

Ini adalah salah satu dari hikmah keutamaan serta tujuan manfaat kita bersyukur kepada Allah.

Tanda-tanda ciri orang yang bersyukur kepada Allah antara lain adalah sebagai berikut :

Mengakui, memahami, serta menyadari bahwa Allah yang telah memberikan nikmat

Pengertiannya di sini adalah bahwa segala nikmat pada dasarnya Allah yang memberikan kepada kita. Manusia adalah juga merupakan perantara dari Pemberi Nikmat yang sesungguhnya yaitu Allah. Orang yang bersyukur senantiasa menisbatkan setiap nikmat yang didapatnya kepada Allah Ta’ala, bukan kepada makhluk atau pun lainnya.

Orang bersyukur akan menunjukkan dalam bentuk ketaatan kepada Allah.

Jadi tanda mensyukuri nikmat Allah adalah menggunakan nikmat tersebut dengan beribadah dan taat menjalankan ajaran agama. Keanehan bila orang mengakui nikmat Allah, tetapi tidak mau menjalankan ajaran agama seperti halnya sholat, enggan belajar agama dan sejenisnya.

Keutamaan Bersyukur

Bila seorang hamba bersyukur kepada Allah Ta'ala atas segala nikmatnya sungguh bentuk jenis macam rasa syukurnya tersebut manfaatnya akan kembali kepada dirinya sendiri. Allah Dzat yang Maha kaya, tidak membutuhkan makhluknya sedikitpun. Justru kita yang selalu dan pasti akan membutuhkan Allah SWT dalam setiap helaan nafas kita tentunya.

Allah berfirman yang menjelaskan akan berbagai macam keutamaan manfaat hikmah dalam mensyukuri segala bentuk kenikmatan yang ada pada diri setiap manusia yang artinya :
"Dan barang siapa bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengkufurinya, maka sesungguhnya rabbku Maha Kaya lagi Maha Mulia." (QS. An-Naml : 40)
"Dan barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengkufuri maka sesungguhnya Allah Maha kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Lukman: 12)

Dan diantara manfaat syukur antara lain adalah :
Allah SWT Akan Menambah Nikmat-Nya

Janji Allah Swt bahwa Dia akan menambah nikmat yang telah diberikan jika kita mensyukurinya. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]:7)

Allah Tidak Menyiksa Hamba Yang Bersyukur Dan Beriman Serta Bersabar

Jika seorang hamba adalah orang beriman dan selalu bersyukur maka Allah Ta'ala tidak akan menyiksa hamba itu. Bahkan, Allah SWT memberi pahala atas amal-amalnya, menambahkan nikmat-Nya, dan memaafkan kesalahannya.
“Mengapa Allah Swt akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah Swt adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nisa [4]:147)
Bersyukur Dapat Melestarikan Nikmat Dan Menambah Nikmat

Dengan bersyukur, Allah akan melestarikan nikmat tersebut kepada hamba-Nya dan tidak mencabut nikmat terebut darinya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya : "Bersyukur atas nikmat Allah Swt akan melestarikan nikmat tersebut.” (HR. ad-Dailami)
“(siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah SWT sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Swt Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Anfaal [8]: 53)

Balasan Pahala Bersyukur Adalah Mendapat Nikmat
"Sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Al-Qamar [54]: 35)

Allah Pasti Memberi Balasan Orang Yang Bersyukur

Orang yang bersyukur pasti akan mendapatkan balasan dari Allah Ta'ala, baik di dunia maupun di akhirat.

Allah Ta'ala berfirman yang artinya : "Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Qs. Ali Imran [3]: 145)
Orang-orang yang bersyukur memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melihat keindahan dan kenikmatan yang dikaruniakan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada mereka semuanya dan juga kepada seluruh alam semesta ini.

Kita perlu belajar kepada orang-orang mukmin sejati yang senantiasa mengerti dan memahami akan keutamaan bersyukur kepada Allah sekalipun berada dalam keadaan yang sangat sulit sekalipun. Baik itu dalam menghadapi kesulitan hidup dan sejenisnya.

Seseorang yang melihat dari luar mungkin mengira berkurangnya nikmat pada diri orang-orang yang beriman. Padahal, dalam diri orang beriman yang mampu melihat sisi-sisi kebaikan dalam setiap peristiwa dan keadaan juga mampu melihat kebaikan dalam penderitaan tersebut.

Anggapan kebanyakan orang, bersyukur kepada Allah hanya perlu dilakukan pada saat mendapatkan anugerah kenikmatan yang besar atau terbebas dari masalah besar yang sedang dihadapinya maka hal tersebut adalah kekeliruan kesalahan yang besar.

Padahal jika kita merenung sejenak, maka kita akan bisa menyadari bahwa kita semua ini dikelilingi oleh nikmat yang tidak terbatas banyaknya.

Dalam hitungan waktu ,setiap detik, setiap menit, dan seterusnya tercurah kenikmatan dari Allah tak terhenti yang berupa hidup, kesehatan, kecerdasan, panca indra, udara yang dihirup

0 Response to "Hikmah Keutamaan Dan Cara Bersyukur Kepada Allah"

Posting Komentar