Desain Uang Baru NKRI

Desain bentuk pecahan jenis nominal uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 2016-2017 akan diterbitkan oleh Bank Indonesia. Ronald Waas selaku Deputi Gubernur BI mengatakan bahwasannya uang baru 2016 seri NKRI akan hadir dalam pecahan kertas Rp 2.000 hingga Rp 50.000.

Seluruhnya akan menggunakan gambar pahlawan baru, sama sekali berbeda dari yang digunakan pada saat sekarang ini. Seperti informasi yang dilansir dari Solopos.com.

Uang pecahan baru seri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan segera beredar di masyarakat. Ditergetkan akan dikeluarkan diedarkan akhir tahun 2016. Karena memang Bank Indonesia dan juga pemerintah Indonesia akan meluncurkan uang kertas seri NKRI tahun ini.

Desain Uang Baru NKRI

Perbedaan Uang Seri Baru NKRI


Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan uang baru 2016 seri NKRI akan hadir dalam pecahan kertas Rp2.000 hingga Rp50.000. Seluruhnya akan menggunakan gambar pahlawan baru, sama sekali berbeda dari yang digunakan saat ini.

“Untuk semua pecahan yang sekarang belum ada seri NKRI, mulai dari Rp50.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp5.000, dan Rp2.000,” ungkap Ronald.

Ada beberapa perbedaan tampilan desain uang seri baru ini yang rencana akan diluncurkan di akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017 ini.

Beberapa diantara perbedaan pada uang NKRI baru ini salah satunya adalah pada gambar pahlawan dan penandatanganan uang. Hanya saja, nominal pecahan uang NKRI tidak akan mengalami perubahan.

Perbedaan seri NKRI dengan pecahan sebelumnya adalah keberadaan tanda tangan menteri keuangan di samping tanda tangan Gubernur Bank Indonesia.

Sedangkan pada gambar nama pahlawan yang akan ditampilkan dalam pecahan seri NKRI terbaru. Hanya saja, untuk keputusan gambar pahlawan harus berdasarkan keputusan Presiden.

Ronald mengatakan pencetakan uang kertas seri NKRI ini cukup panjang karena BI harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari pemerintah terkait desain dan gambar pahlawan yang akan dimuat dalam pecahan uang.

Adapun nama pahlawan yang akan digunakan dalam desain uang NKRI diberikan oleh Kementerian Sosial.
"Keputusan gambar siapa yang dipakai itu tergantung pemerintah, Presiden. Sudah pengajuan tinggal nunggu apakah nanti Presiden setuju atau kalau sudah disetujui langsung naik cetak. Nama-nama pahlawan dari Kementerian Sosial. Pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki," imbuh Ronald Waas
.
Perbedaan lainnya adalah bahwa uang yang dicetak dan dikeluarkan hanya pada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga adanya perubahan blok warna menjadi kuning.

Uang Koin Baru


Uang kertas baru dirilis Bank Indonesia karena peredaran uang palsu meningkat dalam dua tahun terakhir. BI dan Mabes Polri kini mencari sumber peredaran uang palsu tersebut.

BI juga mengimbau penukaran uang menjelang Lebaran dilakukan di bank untuk menghindari peredaran uang palsu serta bebas potongan. Uang koin dirilis lantaran jumlah uang yang kembali ke BI terus menurun.

Selain mengeluarkan dan menerbitkan serta merilis uang kertas baru, Bank Indonesia juga akan uang logam koin baru di tahun 2016-2017.

Ke depannya uang jenis logam atau koin ini nantinya juga tidak lagi menggunakan gambar flora dan fauna khas Indonesia, melainkan juga dihiasi gambar pahlawan.

Uang logam atau koin seri NKRI terbaru dengan gambar pahlawan di salah satu sisinya.

Sebagai tambahan informasi bahwa pada saat ini, BI telah merilis uang logam pecahan Rp100 bergambar kakaktua, Rp200 bergambar jalak bali, Rp500 bergambar melati, dan Rp1.000 bergambar angklung.

0 Response to "Desain Uang Baru NKRI"

Poskan Komentar