Hikmah Keutamaan Menjaga Shalat Fardhu

Manfaat tujuan kemuliaan keutamaan hikmah menjaga mendirikan sholat lima waktu fardhu yang merupakan kewajiban bagi tiap muslim perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh umat Islam.

Shalat merupakan salah satu Rukun Islam dalam ajaran Islam dan setiap muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan atau mengerjakan Shalat. Karena Sholat merupakan kewajiban.

Adapun Shalat sendiri terdiri 5 waktu shalat wajib yang antara lain yaitu Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Subuh, Shalat Dhuhur dan Shalat Asyar. Dan hal tersebut mempunyai beberapa manfaat dan keutamaan bagi para muslim seperti yang telah di janjikan oleh Allah Ta'ala.

Hikmah Keutamaan Menjaga Sholat Fardhu

Keutamaan Manfaat Menjaga Sholat


Ada beberapa kemuliaan rahasia keistimewaan dalam menjaga mendirikan sholat yaitu seperti yang dikatakan oleh Utsman bin Affan r.a antara lain sebagai berikut :
  1. Dicintai Allah.
  2. Badannya selalu sehat.
  3. Keberadaannya selalu di jaga oleh malaikat.
  4. Rumahnya diberkahi.
  5. Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih.
  6. Hatinya dilunakkan oleh Allah.
  7. Dia akan menyeberangi shirath ( jembatan di atas neraka ) seperti kilat.
  8. Dia akan diselamatkan oleh Allah dari api neraka.
  9. Allah akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.
Adapun manfaat shalat fardhu secara umum mempunyai keutamaan untuk menghapus semua dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat, seperti Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
"Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya selama tidak melakukan dosa besar." (HR. Muslim )
Dan berikut juga beberapa keutamaan sholat 5 waktu lainnya seperti yang dilansir dari Rumaysho com antara lain :

1. Shalat Adalah Sebaik-Baik Amalan Setelah Dua Kalimat Syahadat

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, amalan apakah yang paling afdhol?" Jawab beliau, "Shalat pada waktunya." Lalu aku bertanya lagi, "Terus apa?" "Berbakti pada orang tua", jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. "Lalu apa lagi", aku bertanya kembali. "Jihad di jalan Allah", jawab beliau. (HR. Bukhari Muslim ).

2. Shalat Lima Waktu Menghapuskan Dosa

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : "Di antara shalat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim).

3. Shalat Adalah Cahaya Di Dunia Dan Akhirat

Siapa yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf.” (HR. Ahmad).

4. Shalat Lima Waktu Mencuci Dosa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :
"Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari Muslim).

Shalat adalah ibadah yang agung, ibadah yang dibuka dengan takbir dan ditutup dengan salam, dan dia adalah ibadah yang terpenting setelah kedua kalimat syahadat.

"Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika baik shalatnya maka ia akan beruntung dan selamat. Dan jika buruk shalatnya maka ia akan merugi. Jika ditemui ada kekurangan pada shalat fardhunya maka Rabb (Allah SWT) akan berkata (kepada malaikat), ”Lihatlah apakah hambaKu memiliki amalan shalat sunah?” Maka kekurangan shalat fardhu akan disempurnakan dengan shalat-shalat sunnah. Kemudian amal-amal lainnya akan dihisab seperti itu. (HR. Tirmidzi).

Bagi yang sudah menjalankan shalat lima waktu, mari kita perbaiki lagi dengan menjaga shalat di awal waktu. Kemudian kita tingkatkan lagi dengan shalat sunah dan amalan ibadah lainnya pula.

Keutamaan Shalat di Awal Waktu


Keutamaan terbesar shalat di awal waktu atau shalat pada waktunya adalah masuk surga.

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: ” ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

Keutamaan lainnya adalah setiap perpindahan waktu sholat, bersamaan dengan terjadinya perubahan tenaga alam dan dirasakan melalui perubahan warna alam. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan, psikologis, dan lainnya.

Dengan demikian peran shalat dalam mencegah kemunkaran dapat menjadi nyata dalam kehidupan kita.
“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar.” (QS. Al-Ankabut : 45)

1 Response to "Hikmah Keutamaan Menjaga Shalat Fardhu"

  1. Moga kita termasuk orang² yang menjaga sholat..amiin.

    BalasHapus